Pengaruh Metode Latihan dan Koordinasi Mata-Kaki Terhadap Keterampilan Passing Futsal Pada BKMF Futsal FIK UNM

  • Irvan Kurniawan IAIN Manado
Keywords: Metode Drills dan Taktis, Koordinasi Mata-Kaki, Passing Futsal

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode latihan drill dan taktis dan koordinasi mata-kaki terhadap keterampilan passing pada permainan futsal. Jenis penelitian ini adalah ini menggunakan metode quasi eksperimen yang menggunakan rancangan treatment by Level 2 x 2, yaitu suatu eksperimen factorial yang menyangkut dua faktor. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa BKMF Futsal FIK Universitas Negeri Makassar dengan Sampel terdiri dari 64 mahasiswa dibagi menjadi empat kelompok, masing-masing terdiri dari 16 mahasiswa. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANOVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α = .05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) metode latihan drill memiliki pengaruh yang lebih baik daripada metode latihan taktis terhadap keterampilan passing permainan futsal. (2) terdapat interaksi antara metode latihan drill dan metode latihan taktis dan koordinasi mata-kaki terhadap keterampilan passing permainan futsal. (3)metode latihan drill memiliki pengaruh yang lebih baik dari pada metode latihan taktis yang memiiki koordinasi mata-kaki tinggi. (4) metode latihan drill memiliki pengaruh yang lebih baik daripada metode latihan taktis yang memiiki koordinasi mata-kaki rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arwandi, J., & Ardianda, E. (2018). Latihan Zig-Zag Run Dan Latihan Shuttle Run Berpengaruh Terhadap Kemampuan Dribbling Sepakbola. Jurnal Performa Olahraga, 3(01), 32.

Bompa, Tudor O. Periodization Theory and Methodology of Training. USA: Human

Didik Rilastiyo Budi dan Arfin Deri Listiandi. (2021). Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani Abstrak. Budi, D. R. (2021, February 1). Supplemental Materials for Preprint: Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Retrieved From, January.

Ega Trisna Rahayu. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani (Cetakan Ke). Alfabeta.

Indrayana, B., & Yuliawan, E. (2019). Penyuluhan Pentingnya Peningkatan Vo2max Guna Meningkatkan Kondisi Fisik Pemain Sepakbola Fortuna Fc Kecamatan Rantau RasaU. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education. https://doi.org/10.21009/jsce.03105

Isnanto, Anung Hendar, 2019. Seri Olahraga Futsal. Gamping Sleman: Sentra Edukasi Media

Lubis, Johansyah. Panduan Praktis Penyusunan Program Latihan Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. 2013.

Mulyono, M. A., 2017. Buku Pintar Futsal. Jakarta: Anugrah.

Naser, N., Ali, A., & Macadam, P. (2017). Physical and physiological demands of futsal.

Journal of Exercise Science and Fitness. https://doi.org/10.1016/j.jesf.2017.09.001

Permadi, A. A., & Fernando, R. (2021). Hubungan Keterampilan, Kondisi Fisik dan Psikologi terhadap Performance Pemain Sepakbola. Indonesia Performance Journal, 1(1), 14-19.

Siswanto, A. (2014). Hubungan Antara Latihan Fisik Dan Kapasitas Vital Paru Pada Siswa Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Published
2023-05-13
How to Cite
Kurniawan, I. (2023). Pengaruh Metode Latihan dan Koordinasi Mata-Kaki Terhadap Keterampilan Passing Futsal Pada BKMF Futsal FIK UNM. Indonesian Journal of Physical Activity, 3(1), 11-18. https://doi.org/10.59734/ijpa.v3i1.30
Section
Articles