Implementasi modifikasi bola untuk meningkatkan Kemampuan passing bawah bola voli melalui metode berkelompok pada murid kelas V sd Inpres pa’baeng-baeng kota makassar

  • Andi Nahdi T. Walinga Universitas Megarezky
Keywords: modifikasi bola;, metode berkelompok;, passing bawah

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk memperoleh gambaran seberapa besar keinginan remaja untuk memilih karir menjadi atlet dan memperoleh informasi faktor pendukung dan faktor penghambat pemilihan karir remaja memilih atlet di Kecamatan Sinjai Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan paradigma kuantitatif. Adapun metode yang digunakan adalah metode survei. Hal ini dilakukan untuk menggambarkan mengenai pilihan remaja untuk memilih karir menjadi atlet di Kecamatan Sinjai Barat. Hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa sebanyak 58% remaja usia 10 sampai dengan 19 Tahun di Kecamatan Sinjai Barat  memiliki keinginan yang tinggi untuk menajadi atlet. Adapun hal utama yang paling mndorong keinginan remaja tersebut adalah faktor dorongan dari lingkungan. Dimana berdasarkan hasil wawancara dan observasi di lapangan ditemukan bahwa, kebanyakan orang-orang yang bertempat tinggal di Kecamatan Sinjai Barat berprofesi sebagai atlet. Meskipun kebanyakan masih bukan atlet profesional, namun nyatanya hal inilah yang memicu semangat para remaja untuk terus mengembangkan diri sehingga dapat menjadi atlet yang lebih profeisional. Hal lain yang juga menjadi pelecut semangat remaja untuk memilih karir menjadi atlet adalah bakat alami yang dimiliki. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di lapangan, ditemukan kenyataan bahwa kebanyakan remaja telah memiliki bakat alami dalam bidang olahraga, sehingga hanya perlu dipoles sedikit untuk dapat menjadikannya seorang atleT
Kata kunci : Remaja, Karir, Atlet

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asnaldi, A. (2020). Meningkatkan keterampilan passing atas bola voli melalui media pembelajaran menggunakan alat bantu. Journal of Physical and Outdoor Education, 2(1), 23-35.

Awaluddin, A. (2015). Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Passing Berpasangan Dan Metode Latihan Passing Tidak Berpasangan Terhadap Keterampilan Passing Bawah Bolavoli Ditinjau Dari Kekuatan Lengan Siswa SMP Kartika Xx_2 Wirabuana Makassar. Jurnal Penjaskesrek STKIP Mega Rezky Makassar, 1(2).

Awaluddin, A., & Nurhidayatullah, N. (2018). Peningkatan Teknik Passing Bawah Bolavoli Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Projected Motion Media Pada Siswa Smk Kesehatan Mega Rezky Makassar. Jurnal Penjaskesrek STKIP Mega Rezky Makassar, 4(2), 158-170.

Djumrah, D. (2020). Upaya Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Pendekatan Bermain dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani bagi Siswa SMP Negeri 1 Bungku Timur Sulawesi Tengah. Jurnal Paedagogy, 7(4), 362-368.

Husdarta, H.J.S.. (2019). Sejarah dan Filsafat Olahraga (Cetakan ke- 5). Bandung: Alfabeta.

Izzuddin, D. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Bola Karet Terhadap Kemampuan Passing Atas Permainan Bola Voli Pada Siswa SMP Negeri 2 Karawang Barat. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 6(1), 37-43.

Mustafa, P. S., & Masgumelar, N. K. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan dalam Pendidikan Jasmani. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 8(1), 31-49.

Pratama, N. Y., & Hudah, M. (2020). Pendekatan permainan outbound sirkuit game dalam meningkatkan kematangan emosional dan spitual melalui pembelajaran penjas pada siswa SMP N 1 Sumowono. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(1), 8-13.

Raswin, R., & Aulia, R. (2015). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bola Voli Mini Melalui Pembelajaran Menggunakan Media Bola Karet. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 14(1), 68-77.

Setiawan, A., Sawitri, D., & Suswati, E. (2019). Pengaruh Minat dan Lingkungan Belajar terhadap Kesiapan Belajar Dimediasi oleh Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 6(2), 94-113.

Published
2022-02-04
How to Cite
Andi Nahdi T. Walinga. (2022). Implementasi modifikasi bola untuk meningkatkan Kemampuan passing bawah bola voli melalui metode berkelompok pada murid kelas V sd Inpres pa’baeng-baeng kota makassar. Indonesian Journal of Physical Activity, 1(2), 111-124. https://doi.org/10.59734/ijpa.v1i2.15
Section
Articles