Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Kaki Bagian Dalam Melalui Gaya Mengajar Resiprokal Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Kelas IX 4 SMP Negeri 40 Makassar

  • Altanius Manduli Universitas Megarezky
  • Wahyu Munandar Universitas Megarezky
  • Supriadi Sahibu Universitas Megarezky
  • Ferawati Universitas Megarezky
Keywords: Hasil Belajar;, Passing Kaki Bagian Dalam;, Gaya Mengajar Resiprokal

Abstract

Gaya mengajar Resiprokal yang tepat dalam proses pembelajarannya tentu itu akan menarik minat serta perhatian siswa terhadap pembelajaran tersebut dan bila siswa mulai menaruh minat dalam pembelajaran tersebut maka siswa pasti akan lebih mudah memahami dan mengerti tentang pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, melalui gaya mengajar resiprokal passing dalam pembelajaran passing kaki bagian dalam pada permainan sepak bola SMP Negeri 40 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakaan sebanyak 3 kali pertemuan masing-masing di siklus I dan siklus II yang dirancangkan penelitian ini adalah kemampuan dasar passing kaki bagian dalam sebagai data (psikomotor) dan nilai soal-soal latihan sebagai nilai pengetahuan (kognitif). Pengamatan sebagai data sikap (afektif). Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas IX 4 SMP Negeri 40 Makassar yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data hasil belajar passing kaki bagian dalam dengan menggunakan lembar penilaian isian pada siklus I dan siklus II data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif. Hasil analisis kuantitatif data hasil belajar passing kaki bagian dalam menunjukkan bahwa jumlah siswa yang tuntas pada siklus I adalah 16 siswa dengan persentase 50%, sedangkan jumlah siswa yang tuntas di siklus II adalah 32 siswa dengan persentase 100%. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan : bahwa pembelajaran Pendidikan Jasmani melalui gaya mengajar resiprokal passing dapat meningkatkan hasil belajar passing kaki bagian dalam pada siswa kelas IX 4 SMP Negeri 40 Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aip Syarifuddin dan Muhadi. (1992). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Depdikbud Ditjen Dikti.

Banggur, M. D. V., Situmorang, R., & Rusmono, R. (2018). Pengembangan pembelajaran berbasis blended learning pada mata pelajaran etimologi multimedia. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 152–165.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468–470.

Fauzan, B. E., Hermawan, R., & Jubaedi, A. (2018). Pengembangan Model Latihan Dribbling Sepakbola. JUPE (Jurnal Penjaskesrek), 6(3).

Gunadi, D. (2018). Peran Olahraga Dan Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Ilmiah Spirit, 18(3), 13–14.

Nainggolan, P. I., & Surbakti, S. (2014). Upaya Meningkatan Hasil Belajar Dribbling Kaki Bagian Luar Dalam Permainan Sepak Bola Menggunakan Gaya Mengajar Komando Pada Siswa Kelas X. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(76).

Passe, R., Aminuddin, A., Lestari, A., & Sudirman, J. (2022). Pengaruh Latihan Fisik Terhadap Kecemasan Menghadapi Masa Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat Desa Timbuseng Kabupaten Takalar. Psikologi Kreatif Inovatif, 2(3), 1–8.

Randa, R. A. A., & Cakrawijaya, M. H. (2022). Survei Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 19 Makassar. Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa): Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(3), 230–236.

Saharullah, H. (2018). Sejarah, Peraturan dan Pedoman Melatih Sepak Bola (Saharullah (ed.); 1st ed.). Badan Penerbit UNM.

Soemardiawan, S., & Yundarwati, S. (2021). Model Pembelajaran Menggiring Sepakbola Berbasis Permainan Smp Di Kota Mataram Tahun 2019. Gelora: Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan IKIP Mataram, 6(1), 61–68.

Sucipto. (2000). Sepakbola. Departemen pendidikan Nasional Direktorat Jenderal pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP.

Sugiyono, D. P. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Suharsimi Arikunto. (2014). Arikunto, Suharsimi (2014) “Prosedur Penelitian : suatu pendekatan praktek.” PB.PBSI.

Suminta, I., Nugroho, S., Afrinaldi, R., & Izzuddin, D. A. (2021). Pengaruh Gaya Mengajar Resiprokal Terhadap Gerak Dasar (Shooting) Pada Ekstrakulikuler Sepakbola di SMP Negeri 1 Rengasdengklok. Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 151–155.

Wahyudin, Saharullah, & Aminuddin. (2021). Pengaruh Interval Training Terhadap Peningkatan VO 2 Max Atlet Bola Voli Putri Club Gowata Tahun 2021. Seminar Nasional Hasil Penelitian, 644–658.

Published
2022-04-30
How to Cite
Manduli, A., Munandar, W., Sahibu, S., & Ferawati. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Kaki Bagian Dalam Melalui Gaya Mengajar Resiprokal Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Kelas IX 4 SMP Negeri 40 Makassar. Indonesian Journal of Physical Activity, 2(1), 29-40. https://doi.org/10.59734/ijpa.v2i1.26
Section
Articles