Survei Minat Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal pada Sekolah MTS Daruhl Ihsan Munte Kabupaten Jeneponto

  • Risaldi Pendidikan Jasmani Universitas Megarezky
  • Muh. Ilham Budi Utama Universitas Megarezky
  • Awaluddin Universitas Megarezky
  • Aminuddin Universitas Megarezky
Keywords: Minat;, Ekstrakurikuler, Futsal

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di MTS Darul Ihsan Munte Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian Deskriptif. Metode penelitian survei kuantitatif adalah penelitian yang memiliki sampel dari populasi tertentu dengan memenfatkan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data yang pokok. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa  Tingkat Minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di MTS darul ihsan munte kabupaten jeneponto yang dilakukan di sekolah berada pada kategori sedang dan tinggi dengan rata-rata persentase 43,3% - 70%  yang ditunjukkan dari keseluruhan indikator. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awaluddin, A. (2015). Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Passing Berpasangan Dan Metode Latihan Passing Tidak Berpasangan Terhadap Keterampilan Passing Bawah Bolavoli Ditinjau Dari Kekuatan Lengan Siswa Smp Kartika Xx_2 Wirabuana Makassar. Jurnal Penjaskesrek STKIP Mega Rezky Makassar, 1(2).

Andini, Mahi, Muhammad Janwar, and Muhammad Hidayat Cakrawijaya. 2021. “Survei Minat Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 12 Makassar.” Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa 1(1): 9–15.

Bannebua, F., Suhardianto, S., Ismail, A., & Irfan, I. (2021). Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada the Survey of Student ’ Learning Motivation in Learning Sports Physical Education and Health for Class Xi Students of Sma Negeri 4 North Toraja. Kapasa, 1(5), 36–43.

Haris, A., Wahyudi, U., & Yudasmara, D. S. (2020). Pengaruh Latihan Metode Drill Dan Metode Bermain Terhadap Keterampilan Passing Siswa Ekstrakurikuler Futsal. Sport Science and Health, 2(2), 105–113.

Killat, G., Taufik, M. S., Awaluddin, A., Izzuddin, D. A., Amalia, E. F., & Sungkawa, M. G. G. (2021). Characteristics Of Physical Condition Of Futsal Athletes In Cianjur District. Jp. jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan), 5(1), 189-197.

Rinaldi, M., & Syawal Rohadi, M. (2020). Futsal International (A. Ami (ed.)).

Sely Majid, M. Z. (2021). Pengaruh Latihan Triangle Terhadap Passing Menggunakan Kaki Bagian Dalam Pada Pemain Ekstrakurikuler Futsal Sma Negeri 5 Palopo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palopo. In http://repository.umpalopo.ac.id/1057/.

Setiawan, W. A., Festiawan, R., Heza, F. N., Kusuma, I. J., Hidayat, R., & Khurrohman, M. F. (2021). Peningkatan Keterampilan Dasar Futsal Melalui Metode Latihan Passing Aktif dan Pasif. Jurnal Pendidikan KesehatanRekreasi,7(2),270278.https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/1066

Sugiyono, F. X. (2017). Neraca Pembayaran: Konsep, Metodologi dan Penerapan (Vol. 4). Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.

Supiati, S., Awaluddin, A., & Ferawati, F. (2021). Minat Siswa Pada Ekstrakurikuler Olahraga Futsal. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 2(1), 34-39. https://doi.org/10.55081/joki.v2i1.543

Published
2023-02-21
How to Cite
Risaldi, Utama, M. I. B., Awaluddin, & Aminuddin. (2023). Survei Minat Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal pada Sekolah MTS Daruhl Ihsan Munte Kabupaten Jeneponto. Indonesian Journal of Physical Activity, 2(2), 61-68. https://doi.org/10.59734/ijpa.v2i2.24
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)